Wednesday, November 6, 2019

Cara Membuat Masker Dari Beras

masker beras
Akhir-akhir ini, khususnya para wanita mulai menyadari bakal bahaya yang terkandung dalam kosmetik jadi memilih mnggunakan bahan-bahan alamiah untuk perawatan kecantikannya. Diantaranya dengan memakai masker wajah dari bahan alami. Mulai dari buah-buahan, sayuran, madu, telur hingga beras.

Cara Membuat Masker Dari Beras


Membikin masker beras sendiri terbukti wajib melewati berbagai bagianan. Inilah yang membikin sebagian wanita malas dan lebih memilih untuk memakai produk siap pakai. Tetapi bagaimana pun juga yang alamiah tentunya lebih aman.

Nah, hari ini saya bakal memberbagi trik dan tutorial membikin masker beras sendiri mulai dari awal. Simak langkah-langkahnya berikut ini dan praktekan di rumah.

Membikin Tepung Beras

Tepung beras, adalah bahan mutlak untuk pembuatan masker beras. Sebetulnya tepung beras ini bisa dibeli di swalayan. Tetapi, tak sedikit adalah beras yang telah dicampur dengan pemutih. Yang kitabutuhkan disini adalah tepung beras organik yang belum dicampur dengan bahan apapun. Jadi apabila Kamu ingin membeli tepung beras untuk dibangun masker, pastikan itu adalah tepung beras organik yang tak dicampur dengan bahan lainnya, murni tepung beras. Dan yang terbaik adalah beras Jepang. Tetapi apabila sulit mecarinya, beras lokal juga bisa.

Cara Pertama

Caranya lumayan mudah. Ambil beras organik secukupnya, cuci bersih kemudian rendam selagi semalaman. Esok harinya beras dhaluskan dengan tutorial ditumbuk alias diblender. Jemur di panas matahari hingga sangatlah kering. Tepung beras siap dipakai sebagai masker.

Cara Kedua

Hampir sama dengan tutorial pertama, ambil beras organik secukupnya lalu cuci hingga bersih dan rendam semalaman. Apabila memungkinkan, pilih yang bulirnya berwarna bening, sebab mengandung squalane oil yang tinggi. Jemur beras tersebut hingga setengah kering, kemudian tumbuk hingga halus (bisa juga diblender). Saring dengan ayakan tepung, ambil tepugn yang sangat halus dan pisahkan dalam wadah.

Tambahkan air mawar sedikit demi sedikit dan aduk hingga membentuk adonan yang bisa dibentuk. Bentuk adonan tersebut menjadi bulatan-bulatan kecil. Jemur hingga kering.

Untuk pemakaiannya, ambil butiran-butiran tepung beras tersebut, kemudian seduh dengan air hingga berbentuk adonan semacam pasta. Oleskan adonan tersebut ke seluruh wajah sebagai masker. Untuk wajah berjerawat bisa ditambahkan dengan bawang putih. Masker yang belum dipakai (butiran kecil) bisa disimpan maksimal selagi satu bulan.

JENIS-JENIS MASKER BERAS

Masker beras ini tak sedikit tipe dan variasinya. Tergantung dari tujuan yang ingin dicapainya, apakah untuk mencerahkan kulit wajah, memutihkan, menghapus jerawat, flek hitam, bekas jerawat, dan lain sebagainya. Biasanya masker ini dicampur dengan bahan-bahan lain semacam madu, minyak zaitun, susu. Berikut ini berbagai tipe variasi dari masker beras yang bisa Kamu coba.

1. Masker Beras dan Madu

Madu adalah bahan alamiah yang ajaib sebab khasiatnya yang tak terhingga bagi kesehatan tubuh manusia. Tergolong untuk kecantikan kulit wajah. Tidak hanya kaya antioksidan, madu juga bisa melembabkan kulit dan mempercepat proses pengelupasan sel kulit mati. Ambil tepung beras dan tambahkan berbagai tetes madu kemudian aduk hingga rata. Oleskan pada wajah sebagai masker.

Baca juga postingan tentang tutorial membikin masker madu dan variasinya, untuk wajah dan rambut.

2. Masker Beras dan Tomat

Tomat adalah bahana lami yang berkhasiat untuk menghapus komedo dan jerawat. Tambahkan tomat ke dalam masker beras kemudian tumbuk hingga halus dan aduk hingga merata. Softwarekan pada wajah, gosok bagian atas hidung untuk membawa sel kulit mati.

3. Masker Beras dan Baking Soda

Selain dikegunaaankan dalam pembuatan kue, baking soda juga dikenal sebagai bahan yang berkhasiat untuk perawatan kecantikan wajah. Ambil tepugn beras secukupnya, tambahkan baking soda dan berbagai tetes madu. Buatlah adonan pasta dengan ketiga bahan tersebut. Oleskan adonan tersebut pada wajah dengan cara merata. Gosok wajah dengan cara lembut dengan gerakan melingkar selagi 1 menit. Bilas dengan air dingin. Baking soda berkhasiat untuk membawa sel kulit mati dan menanggulangi kelebihan minyak.

4. Beras, Madu dan Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah bahan alamiah berkhasiat untuk menjaga kelembaban kulit wajah dan keremajaannya. Campurkan tepung beras, madu dan minyak zaitun hingga membentuk adonan pasta. Oleskan dengan cara merata pada wajah, hindari daerah kurang lebih mata dan bibir. Biarkan selagi tak lebih lebih 20 menit, bilas dengan air bersih. Keringkan wajah dengan handuk halus dengan tutorial menepuk-nepukkan ke wajah, jangan digosok. Lakuakn perawatan ini seminggu sekali.

5. Masker Beras dan Gula

Gual adalah bahan alamiah untuk menanggulangi jerawat dan menjaga keremajaan kulit. Campurkan gula dan tepung beras hingga menjadi adonan yang bisa disoftwarekan ke wajah sebagai masker (apabila terlalu kental, bisa tambahkan sedikit air). Jangan lupa terapkan juga pada leher. Gabungan dua bahan ini bisa membersihkan, melembapkan dan mengelupas kulit.

6. Beras, susu dan cuka apel

Masukkan tepung beras ke dalam suatu  mangkuk kecil. Tambahkan 2 tetes cuka sari apel dan 4-5 tetes susu. Campurkan ketiga bahan tersebut hingga berbentuk adonan pasta. Oleskan pada wajah dan leher sambil digosok pelan selagi 1-2 menit dan kemudian biarkan mengering. Cuci dengan air dingin untuk memperoleh kulit yang cerah dan bercahaya.

7. Beras, Kentang dan Minyak Almond

Parut kentang dan peras airnya, sisihkan dalam mangkok. Tambahkan tepung beras dan 1 sendok teh jojoba oil alias almond oil ke dalam sari kentang, lalu aduk perlahan hingga terbentuk semacam pasta. Oleskan pasta tersebut pada wajah dengan cara merata, dan diamkan selagi 10-20 menit. Bilas wajah dengan air bersih.

8. Masker air Beras

Selain tepung beras, air beras juga bisa dipakai sebagai masker. Tuangkan ½ cup beras ke dalam mangkok, kemudian tambahkan air secukupnya kurang lebih 1 inci di atas beras. Aduk perlahan memakai sendok. Diamkan kurang lebih 30-60 menit, kemudian pisahkan air dan beras memakai penyaring. Ambil kertas tisu yang lumayan tebal, lalu beri celah sesuai dengan bagian mata, mulut, dan bibir. Rendam kertas tisu ke dalam air beras selagi tak lebih lebih 10 menit. Angkat kertas tisu perlahan dan peras sebentar untuk mengurangi kelebihan air. Lalu, tempelkan pada wajah selagi 15 menit. Basuh wajah kembali hingga bersih.