Monday, January 20, 2020

Cara Menambah Berat Badan yang Tepat untuk yang Bertubuh Kurus


Anda yang punya berat badan jauh di bawah berat badan ideal tentu terkadang tak merasa percaya diri. Bahkan, upaya menaikkan berat badan bisa terasa lebih sulit dibandingkan dengan menaikkan berat badan. Makan yang banyak saja belum cukup untuk bisa memperoleh berat badan ideal. Bagi Anda yang bertubuh kurus, bisa mengikuti 5 cara menambah berat badan berikut ini.
Cara Menambah Berat Badan yang Tepat untuk yang Bertubuh Kurus

1.   Konsumsi Makanan Kaya Akan Kalori dan Karbohidrat
Tak sembarangan makanan bisa menaikkan berat badan Anda. Konsumsilah hanya makanan atau minuman yang kaya akan protein, kalori, dan karbohidrat, agar berat badan Anda bisa bertambah. Ragam makanan yang direkomendasikan untuk menaikkan berat badan seperti susu, daging merah, salmon, dan nasi tentunya. Ganti menu diet ini setiap harinya, agar Anda pun tak merasa bosan mengonsumsinya.

2.   Konsumsi Makanan dalam Porsi Kecil Namun Lebih Sering
Orang yang bertubuh kurus umumnya jarang makan dalam porsi yang besar. Sebagai cara untuk menyiasatinya, Anda bisa memilih untuk mengonsumsi makanan dalam porsi yang lebih kecil. Namun, pastikan pengonsumsiannya jadi lebih sering, sehingga asupan karbohidrat, kalori, dan protein yang dibutuhkan tubuh bisa bertambah. Jangan batasi makan hanya 3 kali dalam sehari saja. 

3.   Konsumsi Camilan Sehat Kapan dan di Manapun Berada
Kebiasaan nyemil merupakan salah satu kunci untuk menaikkan berat badan. Jadi, pastikan Anda mengonsumsi camilan, kapan dan di manapun Anda berada. Selalu sediakan camilan baik itu di rumah, kantor, atau di dalam mobil, sehingga Anda bisa mengonsumsinya saat sedang bepergian. Namun, pastikan camilan ini mengandung karbohidrat dan kalori agar bisa menaikkan berat badan.

4.   Rutin Berolahraga Ringan Agar Badan Jadi Lebih Segar
Melakukan olahraga ringan seperti jogging atau bersepeda santai akan membantu Anda untuk menaikkan berat badan, loh! Olahraga yang dilakukan membuat tubuh jadi lebih segar, sehingga nafsu makan Anda pun bisa mengalami peningkatan. Berolahraga dalam diet menaikkan berat badan ini juga membantu pembakaran lemak, serta membuat massa otot tubuh jadi bertambah. 

5.   Tidur yang Cukup dan Hindari Stres
Jika Anda ingin menaikkan berat badan, maka tinggalkan segera kebiasaan begadang yang sering Anda jalani. Waktu tidur yang kurang akan membuat keinginan Anda mendapatkan berat badan ideal jadi sulit untuk diwujudkan. Selain itu, hindari juga stres atau banyak pikiran. Merilekskan diri dan pikiran Anda dengan melakukan yoga atau meditasi di sela waktu luang seusai kerja.
Bukanlah hal yang mustahil bagi Anda yang bertubuh kurus untuk bisa mencapai berat badan ideal. Anda bisa mengikuti 5 cara menambah berat badan di atas, agar berat badan bisa bertambah. Pastikan makanan yang Anda konsumsi mengandung karbohidrat, kalori, protein, serta nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tubuh.