Monday, March 2, 2020

Tips Memaksimalkan Keuntungan Reksadana Campuran


Reksadana campuran merupakan salah satu jenis investasi yang bisa anda pilih dengan resiko investasi yang moderat. Mengapa demikian? Hal tersebut disebabkan oleh investasi ini yang membandingkan antara reksadana pasar uang dan reksadana pendapatan tetap. Reksadana sendiri tercatat memiliki resiko investasi yang lebih tinggi dari reksadana pasar uang dan pendapatan tetap karena sebagian besar portofolionya dilakukan di pasar saham. Berikut ini adalah tips memaksimalkan Keuntungan Reksadana campuran yang wajib anda ketahui.

Tips Memaksimalkan Keuntungan Reksadana Campuran

1. Selalu memantau kondisi ekonomi terbaru
Kondisi ekonomi global dan nasional tentu saja bisa berdampak pada hasil yang dimiliki oleh investasi reksadana campuran milik anda. Oleh sebab itu anda harus paham betul dengan kondisi ekonomi yang dimiliki oleh sebuah negara karena hal tersebut sangat memengaruhi keuntungan dari reksadana dan juga cara meresponnya. Kinerja dari reksadana campuran ini rentan mengalami penurunan apabila terjadinya pelambatan ekonomi yang mengakibatkan turunnya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Selain itu penurunan keuntungan juga bisa terjadi karena keputusan atau kebijakan pemerintah yang tak menguntungkan.

2. Review perkembangannya 6 bulan sekali
Kondisi ekonomi yang sering kali tidak terduga inipun menuntut manajer investasi harus selalu merespon segala situasi ekonomi yang ada. Hal ini bertujuan agar keuntungan dari investasi reksadana campuran bisa dilakukan secara maksimal. Yang menguntungkan adalah reksadana campuran ini memungkinkan bagi manajer investasi untuk mengambil keputusan investasi secara fleksibel. Manajer investasi juga bisa mengubah alokasi dari dana yang ada pada instrumen investasi kapanpun itu. Jika kondisi dari pasar modal atau pasar uang mengalami penurunan yang cukup signifikan, maka manajer investasi bisa bermain dengan aman dan membuat rasio investasi menjadi lebih seimbang lagi.

3. Mulailah berinvestasi secara rutin
Mulailah menyisihkan pendapatan secara rutin setiap bulannya untuk bisa melakukan investasi pada reksadana campuran. Melakukan investasi secara rutin juga dapat membantu anda dalam mendapatkan tujuan keuangan yang stabil di hari nanti. Anda juga bisa melakukan investasi mengikuti pasal modal dan pasar saham yang ada. Pastikan anda mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan investasi reksadana untuk bisa menentukan jenis reksadana atau investasi terbaik yang bisa mendatangkan sejumlah keuntungan yang sangat besar.

4. Sabar dan tunggu hingga waktunya tiba
Untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal dari investasi reksadasa campuran ini, anda harus selalu bersabar dalam menunggu jenis investasi yang memiliki sifat jangka panjang ini. pasalnya untuk mendapatkan keuntungan anda diwajibkan untuk menunggu mulai dari 3 hingga 5 tahun lamanya. Selalu terapkan prinsip menunda kepuasan dalam diri hingga keuntungan dari jenis investasi ini bisa dirasakan oleh anda dalam jangka waktu yang telah ditentukan sebelumnya. Investasi jangka panjang ini sangat membutuhkan kesabaran dari pada investornya.