Saturday, November 30, 2019

Tips Cara Membuat Donat Sederhana Lembut


Tips Cara Membuat Donat Sederhana Lembut

Apabila kamu berminat untuk membikin donat sendiri di rumah, sebaiknya kamu siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang diperlukan semacam di bawah ini.

Tepung terigu ½ kg
Ragi instan 11 gram alias ½ bungkus
Gula pasir 4 sdm (sendok makan)
Susu bubuk alias susu kental 3 sdm
Mentega 3 sdm
Telur 2 butir
Garam 2 sdt (sendok the)
Air kurang lebih 200 cc

Seusai semua bahan sudah disiapkan, selanjutnya bakal kami bahas bagianan tutorial membikin donat sederhana berikut ini.

Kocok 2 butir telur hingga rata lalu tambahkan susu, mentega dan tepung terigu, gula pasir, dan garam dan semakin aduk hingga merata.

Dengan wadah terpisah, kocok dan aduk campuran tepung terigu dan air hingga merata.
Campurkan kedua adonan tersebut dalam satu wadah lalu aduk hingga homogeny. Proses pengadukan alias uleni wajib diperbuat dengan sempurna hingga adonan terkesan halus. Diamkan adonan tersebut dengan diberi tutup hingga adonan mengembang alias kurang lebih 20 – 30 menit.

Seusai mengembang lalu cetak alias bentuk adonan berbentuk bulat dan celahi bagian tengahnya dengan alat pelobang dan letakkan hasilnya dalam wadah bersih yang sudah diolesi tepung terigu supaya tak lengket pada wadahnya. Selanjutnya cetak hingga semua adonan habis. Seusai itu diamkan kurang lebih 20 menit lagi supaya donat mentah mengembang dengan cara optimal.

Selanjutnya diperbuat penggorengan. Gunakan api kecil hingga panas minyak goreng merata. Lalu masukkan donat mentah ke dalamnya dan goreng hingga warna donat berubah kecoklatan. Angkat dan tiriskan hingga dingin. Gunakan wadah dengan alas kertas koran alias kertas buram supaya minyak pada donat yang sudah matang terserap.

Seusai itu taburi donat dengan gula halus putih, krim, coklat, ataupun meises sesuai keinginan dan selera anda. Donat yang lembut dan ezat pun siap dihidangkan dan dinikmati.